KESEHATAN MASYARAKAT

Kesehatan Masyarakat ( Public Health )


“ Kuliah apa kerja, nak ? “
“ kuliah pak ..”
“ jurusan apa ?”
“ kesehatan masyarakat ? “
“ ohh...calon dokter ya ? “
“ bukan pak..”
“ perawat atau bidan..?
“ bukan juga pak...”
“ terus apa..?”

Itu salah satu pertanyaan yang sering kali saya dengar dari orang-orang disekitar saat saya baru memasuki dunia perkuliahan khususnya di prodi S1 Kesehatan Masyarakat. Pertanyaan seperti itu sering kali bikin bingung,..gimana ya? harus jawab apa ya? Banyak yang beranggapan bahwa tenaga kesehatan masyarakat itu seperti Dokter, Perawat atau Bidan.
Sungguh pernyataan seperti itu sudah tidak asing lagi bagi orang awan yang belum mengerti arti/peran sesungguhnya dari Kesehatan Masyarakat itu sendiri. Namun, dengan kesabaran saya akan menjelaskan sesuai dengan kemampuan saya sebagai calon tenaga kesehatan masyarakat.

Buat sobat yang masih penasaran apa itu “ilmu kesehatan masyarakat” dan yang masih bingung dengan prospek kerja tenaga kesehatan masyarakat di sini saya sebagai calon tenaga Kesehatan Masyarakat akan menjelaskan sedikit tentang apa sih Kesehatan Mayarakat itu ?

Kesehatan Masyarakat ( Public Health ) adalah ilmu dan seni mencegah penyakit, memperpanjang hidup, dan meningkatkan kesehatan melalui usaha-usaha pengorganisasian masyarakat untuk perbaikan sanitasi lingkungan, pemberantasan penyakit menular, pendidikan kesehatan dan sebagainya (Winslow, 1992). Pada dasarnya ilmu kesehatan masyarakat merupakan disiplin ilmu yang mencakup ilmu kedokteran, farmasi, biologi, fisika, kimia, antopologi, psikologi, administrasi dan lain-lain. Namun, lebih spesifiknya disiplin ilmu yang menjadi pilar ilmu kesehatan masyarakat antara lain :
1.      AKK ( Administrasi Kebijakan Kesehtan )
2.      Epidemiologi
3.      Biostatistik / Statistik Kesehatan
4.      Kesehatan Lingkungan
5.      K3 ( Kesehatan dan Keselamatan Kerja )
6.      PKIP ( Pendidikan Kesehatan dan Ilmu Perilaku )
7.      Gizi Masyarakat

Namun, bagaimana dengan prospek kerja Kesehatan Masyarakat ? atau masih ragu untuk mengambil jurusan Kesehatan Masyarakat ? Meskipun selama ini kita mengetahui bahwa orientasi kerja lulusan S.KM (Sarjana Kesehatan Masyarakat) terfokuskan pada Puskesmas dan Dinas kesehatan. Namun, mengingat adanya prospek kerja diberbagai bidang kesehatan lain yang juga membutuhkan peran seorang S.KM, maka prospek kerja kesehatan masyarakat semakin luas. Peluang kerja seperti team atau ahli statistik, konsultan Amdal, ahli gizi, Kepala Rumah Sakit/Puskesemas, dan lain-lain.

Selain beberapa bidang di atas sebenarnya masih banyak peluang kerja bagi tenaga Kesehatan Masyarakat. Nah, itulah sedikit gambaran mengenai Kesehatan Masyarakat. Mungkin sementara itu dulu sebagai pembuka blog ini, untuk info lebih lanjut mengenai hal-hal tentang Kesehatan Masyarakat tunggu artikel saya selanjutnya ya....
google-site-verification: googlec81230ead8b0cd2e.html

0 Response to "KESEHATAN MASYARAKAT"

Post a Comment