PENGERTIAN AKK


Administrasi Kebijakan Kesehatan


  1. Definisi
    Administrasi berasal dari kata administrare (latin; ad= pada, ministrare= melayani) dengan demikian jika ditinjau dari asal kata administrasi berarti memberikan pelayanan kepada masyarakat (Azwar Azrul,1993).
    Definisi Administrasi Kebijakan Kesehatan Menurut Para Ahli :

  1. Prof. Dr. Soekidjo Notoatmodjo,
    Administrasi kesehatan masyarakat adalah
    suatu proses pengaturan kegiatan dan atau pelayanan kesehatan di dalam masyarakat.
  2. Azrul Azwar,
    Dalam bukunya ”Pengantar Ilmu Administrasi Kesehatan” tahun 1979, mengatakan banyak orang yang jika membicarakan tentang administrasi kesehatan, asosiasi hanya pada kegiatan tata usaha saja, yaitu mencatat dan atau melaporkan jumlah kasus, jumlah pengeluaran obat atau pekerjaan rutin diloket karcis sebuah balai  pengobatan.
  3. Maidin Alimin, 2004
    Administrasi kebijakan kesehatan adalah administrasi yang diterapkan pada upaya kesehatan demi terciptanya suatu keadaan yang sehat.
  4. Stephen J. Knezeic
    Public healt administration is a collection of functions that the organization has the main objective to ensure efficiency and effectiveness and to determine changes assential facilities to meet the future needs of the community.
    “administrasi kesehatan masyarakat adalah kumpulan fungsi-fungsi organisasi yang memiliki tujuan utama untuk menjamin efisiensi dan efektivitas serta menentukan perubahan esensial fasilitas untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dimasa depan”.
  5. Henri Fayol 
    Administrasi dapat dirumuskan sebagai berikut: planning, organizing, commanding, coordinating and controling (Perencanaan, Pengorganisasian, Memberi Komando, Koordinasi dan mengadakan Pengawasan).
  6. Smith, Stanley dan Shores,
    Public health administration is as a the group of individuals who are organized and think of themselves as a distinct group.
    “mendefinisikan administrasi kesehatan masyarakat sebagai suatu kelompok individu-individu yang terorganisasi serta berfikir tentang diri mereka sendiri sebagai suatu kelompok yang berbeda”.
  7. Dwight Waldo dalam bukunya ”The Study of Public Administrasi” (1995) Public health administration is rationalo cooperation activities are reflected in the grouping of activities under the function performed.
    “Disebutkan bahwa administrasi kesehatan masyarakat ialah kegiatan kerja sama secara rasional yang tercermin pada pengelompokkan kegiatan menurut fungsi yang dilakukan”.
    Administrasi sering dikaitkan dengan manajemen. Sehingga, adanya suatu kerancuan karena proses kegiatan sama, namun istilah berbeda “manajemen” dan “administrasi”. Melihat dari proses atau kegiatannya sama maka kedua hal tersebut sama. Sedangkan pemakainya, apakah menggunakan “manajemen” atau “administrasi” terserah kepada kita masing-masing yang memakainya ( Soekidjo Notoatmodjo, 2003). Manajemen berasal dari kata managie (latin; manus = tangan, agree = melakukan, melaksanakan) yang berarti melakukan dengan tangan.
    Bebrapa ahli mengemukakan pendapatnya tentang manajemen :

  1. Menurut Robert D.Terry,
    The accomplishing of a predetermined objectives through the effort other people atau manajemen adalah pencapaian tujuan-tujuan yang telah ditentukan dengan menggunakan orang lain.
  2. Encyclopedia of social sciences
    Management is the process, by which the excution of given purposes is put in to operation and supervised atau : manajemen adalah proses dimana pelaksanaan dari suatu tujuan diselenggarakan dan diawasi.
  3. Evancevich
    Management is the process under taken bay one or more persons to coordinate the activities of other persons to active result not attainable bay any one persons acting alone.
    “ manajemen adalah suatu proses yang dilakukan oleh satu orang atau lebih untuk mengkoordinasikan kegiatan-kegiatan orang lain guna mencapai hasil tujuan yang tidak dapat dicapai oleh hanya satu orang saja”.
    Manajemen akan selalu berhubungan dengan administrasi. (Suarli,Yayan,2009) Pendapat yang dianut dalam buku AKK adalah pendapat yang kedua yaitu tidak membedakan antara kedua istilah yang dimaksud. (Azwar Azrul,1993) Sama halnya dengan administrasi, maka pengertian kesehatan banyak pula macamnya diantaranya adalah :

  1. Sehat adalah suatu keadaan sejahtera sempurna dari fisik, mental,dan sosial yang tidak hanya terbatas pada bebas dari penyakit atau kelemahan saja (WHO1947 dan UU Pokok Kesehatan No. 9 Tahun 1960).
  2. Sehat  adalah suatu keadaan dan kualitas dari organ tubuh yang berfungsi secara wajar dengan segala faktor keturunan dan lingkungan yang dipunyainya (WHO 1957).
  3. Sehat adalah suatu keadaan sejahtera dari badan, jiwa, dan social yang memungkinkan setiap orang hidup produktif scara sosial dan ekonomis (UU Kesehatan No. 23 Tahun 1992). (Azwar Azrul,1993)
    Administrasi kebijakan kesehatan adalah  administrasi yang diterapkan pada upaya kesehatan demi terciptanya suatu keadaan yang sehat. (Maidin Alimin,2004)

  1. Fungsi Dinamis Administrasi

  1. Planning/perencanaan,
    Merupakan inti dari kegiatan manajemen, karena semua kegiatan manajemen diatur dan diarahkan oleh perencanaan tersebut . dengan perencanaan memungkinkan bagi para pengambil keputusan atau manager untuk menggunakan sumberdaya mereka secara berhasil guna dan berdaya guna.
  2. Organizing/pengorganisasian,
    Setelah dilakukannya perencanaan maka selanjutnya harus dilakukan pengorganisasian, yang dimaksudkan adalah mengatur personel atau staf yang ada dalam institusi tersebut agar semua kegiatan yang telah ditetapkan dalam rencana tersebut dapat berjalan dengan baik, yang akhirnya semua tujuan dapat tercapai.
  3.  Actuating/penggerakan,
    suatu tindakan yang mengusahakan agar semua perencanaan dan tujuan perusahaan bisa terwujud dengan baik dan seperti yang diharapkan. Jadi, pelaksanaan merupakan suatu upaya yang menggerakkan orang-orang untuk mau bekerja dengan sendirinya dan dengan kesadaran yang besar demi mengabulkan seluruh cita-cita perusahaan dengan dan secara efektif.
  4. Controlling/pengawasan dan pengendalian,
    Pengawasan dan pengendalian proses untuk mengukur penampilan kegiatan atau pelaksanaan kegiatan suatu program yang selanjutnya memberikan pengarahan-pengarahan sehingga tujuan yang telah ditetapkan dapt tercapai.
  5. Evaluation/penilaian.
    Evaluasi merupakan bagian terpenting dari proses manajemen. Karena, tanpa adanya evaluasi sulit rasanya untuk mengetahui sejauh mana tujuan yang direncanakan itu telah tercapai atau belum. Evaluasi adalah kegiatan untuk menilai suatu program atau kegiatan. Evaluasi digunakan untuk membandingkan antara hasil yang telah dicapai oleh suatu program dengan tujuan yang direncanakan.

  1. Sistem Pelayanan Kesehatan
    Sistem adalah gabungan dari elemen-elemen (sub-sistem) di dalam suatu proses atau struktur dan berfungsi sebagai satu kesatuan organisasi. Sistem terbentuk dari elemen atau bagian yang saling berhubungan dan saling mempengaruhi. Secara garis besar elemen-elemen dalam sistem sebagai berikut :

  1. Masukan (Input), Adalah sub-elemen yang diperlukan sebagai masukan berfungsinya sistem.
  2. Proses, Suatu kegiatan yang berfungsi untuk mengubah masukan sehingga menghasilkan suatu (keluaran) yang direncanakan.
  3. Keluaran (Out Put), Hal yang dihasilkan oleh proses
  4. Dampak (Impact), Akibat yang dihasilkan oleh keluaran setelah beberapa waktu lamanya.
  5. Umpan Balik (Feed Back), merupakan hasil dari proses sekaligus sebagai masukan untuk sistem tersebut.
  6. Lingkungan (Environment), ialah dunia diluar sistem yang mempengaruhi sistem tersebut.





Sumber :

Azwar, Azrul. 1996. Pengantar Administrasi Kesehatan.  Jakarta: Binasara Akpura.

Notoatmodjo, Sukidjo. 2007. Kesehatan Masyarakat “Ilmu dan Seni”. Jakarta:

Rineka Cipta.


0 Response to "PENGERTIAN AKK"

Post a Comment