8 Gejala Kanker Ovarium yang Harus Anda Waspadai

8 Gejala Kanker Ovarium yang Harus Anda Waspadai
Duniainformasikesehatan.com - Anda harus mengetahui informasi ini, khususnya wanita. Hampir setiap perempuan beresiko terkena kanker ovarium. Tak ada yang tahu kapan sel kanker tersebut menyerang. Bahkan penyakit ini terkadang muncul tanpa gejala berarti sehingga dikenal dengan "silent killer".

Tetapi, sebenarnya ada tanda-tanda awal yang perlu dicurigai untuk kanker ovarium ini. Untuk memastikan setiap gejala yang ada, periksa ke dokter adalah langkah yang tepat. Namun 8 gejala kanker ovarium ini bisa membantu Anda memastikan bahwa benar-benar kanker ovarium. Simak 8 gejela tersebut dibawah ini :

1. Panggul dan perut sakit

Gejala dari kanker ovarium yang pertama adalah panggul dan perut sakit. Umumnya, 80 dari 100 pasien kanker ovarium mengalami sakit parah di area panggul dan perut. Rasa nyeri bisa berlangsung lama dan menimbulkan masalah serius pada wanita dengan kanker ovarium.

2. Perut terasa penuh

Perut terasa penuh atau begah juga suatu gejala kanker ovarium yang sering terjadi. Pasien akan merasa cepat kenyang, padahal hanya sedikit makan. Akibatnya, terjadi penurunan berat badan, karena asupan makan tidak sesuai kebutuhan.

3.Selalu Ingin Buang Air

Pada pasien kanker ovarium, rasanya selalu ingin ke kamar kecil untuk pipis. Keinginan buang air kecil seperti tak bisa tertahankan.

Namun, bukan berarti wanita dengan kanker ovarium juga mengalami infeksi saluran kemih.

4. Kelelahan

Kelelahan yang berlebihan juga dialami pasien kanker ovarium, sama seperti gejala kanker lainnya, pasien kanker ovarium sering mengeluh tidak memiliki energi untuk bekerja.

5. Gangguan pencernaan

Gangguan pencernaan, meliputi rasa sakit perut merupakan gejala yang sering muncul pada pasien kanker ovarium. Mereka tiba-tiba memiliki masalah pencernaan seperti buang air besar tidak teratur. Padahal, biasanya selalu teratur

6. Nyeri punggung

Seperti kebanyakan sakit kanker lainnya, kanker ovarium juga menimbulkan gejala nyeri pada tulang belakang, terutama daerah punggung bawah. Rasa nyeri biasanya terus berlanjut, bukan hanya satu atau dua kali.

7. Nyeri saat berhubungan s*ksual

Ovarium berdekatan dengan v*gina. Ketika selalu terasa sakit saat berhubungan s*ksual, waspadai ada yang tidak beres pada sistem reproduksi wanita.

8.Sembelit

Sembelit atau susah buang air besar juga kerap terjadi pada pasien kanker ovarium. Sembelit pada pasien kanker biasanya sulit pulih meski telah diberi minum obat. Terkadang, terjadi pembengkakan pada perut dan siklus menstruasi jadi tidak teratur.

Jika memiliki gejala-gejala tersebut, jangan tunda pemeriksaan ke dokter.

Sumber : Boldsky.com

0 Response to "8 Gejala Kanker Ovarium yang Harus Anda Waspadai"

Post a Comment