PROGRAM CUCI TANGAN


Program Kerja Cuci Tangan



Seorang ahli kesehatan masyarakat mempunyai kewajiban yaitu meningkatkan derajat kesehatan masyarakat yang dimulai dari anak-anak sampai usia lanjut. Kali ini , saya akan mengutaraikan salah satu program kerja nyata yang dilandasi dari program wajib himpunan masyarakat(HIMA). Hima adalah suatu organisasi yang beranggotakan jurusan yang sama , di program ini di lakukan oleh HIMA Kesehahatan Masyarakat (KESMAS) . HIMA KESMAS selama kurang lebih dari satu bulan menyiapkan programa kerja ini, di program ini sasaran program kerja yaitu anak-anak sekolah dasar yang ada di salah satu daerah jauh dari pusat kota , karena di daerah jauh dari kota notabennya jauh dari teknologi dan jauh dari informasi karena adanya hambatan tertentu serta masyarakat yang begitu mementingkan pekerjaan mereka untuk menghidupi keluarga mereka daripada menjaga kesehatan anak mereka , sehingga di Indonesia ini seringkali terjadi kejadian luar biasa suatu penyakit tertentu , salah satu contohnya yaitu penyakit diare . Apa itu penyakit diare ? Diare adalah suatu penyakit yang umumnya terjadi karena kurangnya kebersihan dari suatu individu sehingga bakteri mauapun kuman masuk ke dalam tubuh manusia sehingga terjadi gangguan pencernaan yang mengakibatkan terjadi diare apalagi saat ini penyakit diare bakteri maupun kuman-kuman sudah berevolusi sehingga bisa memembus imun tubuh dengan mudahnya , karena itu perlu untuk menjaga lingkungan ataupun suatu tindakan merubah gaya hidup yaitu dengan cara cuci tangan setelah makan , mau makan setelah bang air besar maupun menyentuh berbagai benda.


Dasar Ahli Kesehatan Masyarakat yaitu melakukan tindakan preventif , preventif yaitu tindakan pencegahan terhadap suatu penyakit , promotif tindakan promosi agar meningkatkan kesadaran masyarakat. Semua itu sudah di ajarkan sejak pertama kali saat menempuh menjadi sarjana kesehatan masyarakat. Pertama ataupun awal merencanakan program yang saasaran anak-anak sekolah dasar yaitu bisa mendapatkan perhatian mereka yaitu dengan cara memberikan hadiah karena umur yang masih begitu kecil sangat tertarik mendapatkan hadiah dan cara ini bisa memudahkan untuk menyampaikan informasi yang akan diberikan.

Pelaksanaan dari program ini yaitu :

  1. Merencanakan apa yang akan dilakukan dan sasaran program



    Dalam hal ini  , HIMA KESMAS telah merencanakan program ini sebulan sebelum program ini dilaksanakan dan menyiapkan apa yang perlu dipakai dalam melaksanakan program ini sehingga bila nanti terdapat hambatan bisa di minimalisir serta menentukan sasaran sangat penting karena berbuhubungan dengan menyiapkan alat-alat ataupun bahan dan media untuk menyampaikan informasi tersebut.

    1. Meminta izin pelaksanaan dari tempat yang dituju



    Program ini , tidak bisa begitu saja dilaksanakan karena harus mempunyai izin terhadap tempat yang akan kita dituju nanti , kenapa harus demikian ? karena tempat yang akan di tuju bisa menyiapkan semua keperluan tempat dan sasaran yang dituju sehingga program dapat terlaksanakan dengan lancar tanpa terganggu oleh sesuatu hal kecil.

    1. Pelaksanaan Program Kerja

    Di dalam pelaksanaan program kerja ini , harus di persiapkan dengan matang karena ini sangat penting berguna untuk membuat para sasaran mengerti apa yang disampaikan , apa gunanya kita membuat program sedemikian rupa kalau ujung tombak dari program ini tidak sesuai harapan atau tidak bisa maksimal , dalam pelaksanaan ini yang disebut sebagai ujung tombak ialah orang yang melakukan penyuluhan , karena melakukan penyuluhan itu tidak gampang harus bisa pandai ngomong serta bisa membuat semua sasaran memperhatikan. Apabila dalam hal ini sudah gagal , semua program akan gagal dan tidak akan ada manfaatnya.

    1. Mempraktekkan apa yang di sampaikan ke sasaran

    Hanya menyuluh itu tidak akan membuat sasaran mengerti dengan apa yang disampaikan, tujuan dari mempersiapakan tempat dan alat menjalin kerjasama antara pembuat program serta orang yang menjadi sasaran program.

    Itulah ulasan program salah satu kesehatan masyarakat yang dilakukan agar bisa meningkatkan derajat kesehatan masyarakat , mungkin program ini tidak bisa langsung menyadarkan namun ini sedikit demi sedikit bisa merubah pikiran masyrakat bahwa hidup sehat itu mudah dan simpel yang harus dimulai dini, agar kedepannya tidak menyessal.

    0 Response to " PROGRAM CUCI TANGAN"

    Post a Comment